MENU TUTUP

Kasus DBD di Pekanbaru Capai 260 Kasus

Senin, 01 Oktober 2018 | 14:47:55 WIB Dibaca : 3568 Kali
Kasus DBD di Pekanbaru Capai 260 Kasus
Loading...

Petunjuk7.com - Kasus demam berdarah dengue (DBD) di Kota Pekanbaru terus bertambah. Hingga akhir September 2018 atau minggu ke-38 tahun 2018, Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru mencatat sudah mencapai 260 kasus.

Jumlah itu tersebar di 12 kecamatan. Kasus tertinggi ada di Kecamatan Tampan yang mencapai 43 kasus. Dalam seminggu, penambahan DBD mencapai 9 kasus sampai 12 kasus.

Pelaksana tugas Kepala Diskes Kota Pekanbaru Zaini Rizaldy mengakui kasus DBD terus bertambah. Kata dia, perkembangan DBD ini berkaitan dengan lingkungan tempat tinggal.

"Karena nyamuk penyebab DBD ini disebabkan oleh lingkungan, perkembangbiakannya ada. Jadi selagi masyarakat tidak mendukung, itu pasti tetap ada kasusnya," kata Zaini, Ahad (30/9/2018).

Diskes Kota Pekanbaru, kata dia, sudah berupaya menekan penyebaran DBD melalui program yang ada. Seperti memberikan penyuluhan dan dan membentuk kader jumantik.

"Jadi dinas kesehatan, jika ada yang terkena DBD, jika ringan kita ada obat di Puskesmas, dan juga bisa kita rawat. Untuk nyamuknya kita ada menyediakan abate. Khusus untuk membunuh jentik nyamuk," jelas Zaini. 

Abete itu kata dia bisa didapatkan secara gratis di Puskesmas. Kemudian Diskes juga melaksanakan fogging apabila memang ada masyarakat menderita DBD.

"Kita dari Diskes akan turun untuk memfogging rumah yang terkena DBD tersebut," ujar Zaini.

Masalah ketersediaan obat, Zaini menjamin bisa mencukupi sampai akhir tahun mendatang. "Ketersediaan obat untuk akhir tahun masih mencukupi," imbuhnya.

*Kasus DBD Hingga Minggu ke-38 Tahun 2018

Sukajadi 15
Senapelan 15
Pekanbaru Kota 10
Rumbai Pesisir 16
Rumbai 15
Limapuluh 16
Sail 3
Bukit Raya 20
Marpoyan Damai 29
Tenayan Raya 40
Tampan 43
Payung Sekaki 38

Total 260. (R.Hermansyah/Kominfo).

Loading...
Berita Terkait +
Loading...
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Klinik Pratama Kelsina Kasih Berastagi Jalani Survei Akreditasi dari komite akreditasi kesehatan pratama dan Pelayanan Kesehatan Paripurna

2

Komsos Dengan Warga, Babinsa Koramil 05/PY Juga Rutin Pantau Wilayah Binaan

3

Demi Menjalin Hubungan Baik, Babinsa Koramil 09/LB melaksanakan Komsos Dengan Warga Binaan

4

Tanpa Pemberitahuan, Presiden Jokowi Tiba Tiba Datang Ke Berastagi, Dandim 0205/TK : Kunjungan Presiden Aman Dan Kondusif

5

Shalat Ied Idul Fitri 1445H, Kodim 0205/TK Berjalan Khusuk dan Khidmat, Dandim Letkol Inf Ahmad Afriyan Rangkuti Ucapkan Selamat Idul Fitri